Sunday, December 29, 2013

Pulau Tidung, Hari ke-1 : Saung Cemara Kasih dan Jembatan Cinta

Horeee.. Setelah perjalanan panjang di kapal, akhirnya kami semua tiba di Pulau Tidung. Kalau ditanya apa kesannya begitu mendarat di sana? Jawabannya biasa aja..

Hee.. Kok biasa aja.. Karena yang saya lihat ketika mendarat sih yah cuma ada dermaga, kantor pelabuhan n penumpang yang turun dari kapal aja.. Hehe..

EITTTTT… TAPI TUNGGU DULU.. Itu yang biasa aja tuh pas di dermaganya, begitu keluar dari dermaga sih kesannya beda banget..

Lanjut yaa ceritanya.. Jam 10an, begitu sampai ‘parkiran’ (kasi tanda kutip karena yang parkir bukan mobil.. Yang ada cuma sepeda parkir n bentor yang lagi nunggu penumpang.. Sekarang berasa kann bedanya, ternyata Pulau tidung ngga biasa-biasa aja) kami bertemu dengan local guide yang dijanjikan pihak travel, namanya Windy (laki-laki looh yaaa..).

Mas Windy langsung mengajak kami semua menuju penginapan. Tentu aja untuk menuju kesana kami harus menggunakan sepeda. Boleh sihh pake bentor buat yang ngga bisa naik sepeda atau yang ngga mau cape..

Bentor juga berguna bukan cuma buat yang males aja, tapi juga bisa buat antar barang dengan cukup  membayar Rp. 15.000 sampai ke penginapan.

Karena mama ngga bisa naik sepeda, mama lebih memilih ikut dibonceng dengan saya. Hehe..
Ada cerita yang lucu juga nih waktu mama di bonceng sepeda. Jadi waktu sebelum sampai ke Pulau Tidung saya sudah tanya “Mah, mama bisa naik sepeda ngga?” Jawabannya “Bisa! mama sih dari dulu juga bisa pakai motor, jadi sepeda juga pasti bisa.” Oke dehhh.. tapi nyatanya ngga bisa tuh.. Haha..
Ga apa-apa deh.. kalau soal naik sepeda, saya bisa kok kalau cuma bonceng orang aja mah..
Diparkiran mama udah siap di sadel belakang..
Eehhh, begitu jalan.. Mama langsung teriak-teriak.. “Ga bisa, ga bisa.. ini sih sakit, pegel bla bla bla..” Sepanjang perjalanan!!
Weeewww.. Mana waktu itu jalanan di sana lagi penuh banget juga lagi.. Karena kan para penumpang kapal kan baru pada turun.. Jadi memang agak goyang inul juga sih bawa sepedanya. Hihihi..

10 menit perjalanan sepeda, akhirnya tiba juga kami di penginapan.

*Penginapannya agak belok dikit ke gang, tapi di sebelah penginapan tuh dah keliatan ada pantai. Sippp deh pokoknya..

Disana kami disediakan 2 kamar.. masing-masing kamar bisa diisi 8 orang.Kami sekeluarga terdiri dari 8 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Jadi kamarnya pas banget buat kami.

Kamarnya kayak apa? Dingin, karena ACnya sudah nyala sebelum kami datang.. Tapi ada yang bikin kami  kaget, ternyata setiap kamar hanya ada kasur, ngga pake ranjang.. Tapi secara keseluruhan cukup nyaman kok..
Oya.. Pas kita datang, ternyata sudah disediakan makanan untuk kami makan siang.. Makanannya bisa dibilang cukup bersih dan biasanya selalu ada dagingnya.  Ngga akan kurang gizi dehh..

Mas Windy bilang kalau setelah makan siang baru akan dimulai tour-nya. Oke dehh makan di mulai.. Hari pertama makanannya ikan masak kuning, sayur asem dan tahu goreng.. Makanannya enak, apalagi ikan masak kuningnya.. Lezat dehh..

Setelah makan, kami langsung menghubungi Mas Windy untuk memulai tour.. Tour pertama kali ini adalah menuju Saung Cemara Kasih. Saung Cemara Kasih terletak di sebelah timur Pulau Tidung. Perjalanan menuju kesana bisa dibilang jauh, harus ditempuh ±20 menit menggunakan sepeda.
Menuju kesana kita melewati hutan-hutan kecil, padang rumput dan jalanan yang dari paving block sampai jalanan tanah (Tenang aja, asyikkk kok.. Apalagi buat yang jarang berolahraga, lumayan ngurusin badan)..

Setelah berlelah-lelah naik sepeda, akhirnya kami sampai juga di Saung Cemara Kasih, saya kira awalnya itu cuma ada saung aja, ternyata ada pantainya. Pantainya ternyata panjang, bagus dengan air yang jernih, jadi rasa lelah setelah naik sepeda ngga kerasa lagi. Hehe..

*Berhubung di Pulau Tidung ngga ada mobil, dan yang adanya cuma sepeda, jadi kalau singgah di tempat wisata n ada tempat parkir mau ngga mau harus bayar uang parkir sepedanya..  Harga parkir sepeda Rp. 2.000.

Di Saung Cemara Kasih ada banyak ayunan yang di ikat ke dahan pohon pinus.. Sepertinya ada lebih dari 5 ayunan yang terbuat dari ban mobil dan kayu. Wuihhh.. kerenn.. Begitu ngeliatnya aja langsung pengen naik..
Naik ayunan disana asyik banget.. Soalnya talinya panjang banget, kalau ngayunnya kenceng kayak bisa pegang daun pinus yang ada di atas. Hehe..

Setelah berlama-lama main ayunan, akhirnya saya, Tante dan kedua anaknya memutuskan untuk berenang.
Berenang di Pantai Saung Cemara Kasih ga kalah asyik dengan main ayunannya.. Karena pantainya tuh dangkal, cuma sebetis orang dewasa. Walaupun kita dah jalan ke tengah laut, kedalamannya tetep sama. Keren kannn…

kira-kira segini dangkalnya
Kami bersenang-senang di Saung Cemara Kasih sampai pukul 12.30. Dari Saung Cemara Kasih, kami melanjutkan perjalanan ke Jembatan Cinta. Perjalanan ke Jembatan Cinta melewati penginapan kami tempati. Dari Saung Cemara Kasih menuju Jembatan Cinta memakan waktu sekitar 30 menit menggunakan sepeda.

Ngapain ke Jembatan Cinta?

Seperti janji Pulau Seribu Traveling, disana kami berkesempatan untuk menikmati wahana permainan air seperti naik banana boat, jet ski, kano, matras terbang, sofa bed dan masih banyak lagi dehh..
Berhubung para bapak-bapak dan ibu-ibu pada ngga mau naik yang kaya gituan, jadi tiket permainannya dibagi-bagi lagi ke anak muda. Akhirnya cuma saya dan 4 orang sepupu saya aja yang ikutan.
Disana kami akhirnya mengikuti 3 permainan, diantaranya naik banana boat, sofa bed dan kano..

sofa bed dan banana boat

Seperti biasa permainan air memang seru banget, kecepatan perahu menarik banana boat, dll tetep cepat walaupun bawa kami berlima. Haha.. Top dehh..
Kalau di permainan kano, kami memesan 2 perahu untuk 4 orang. Walaupun cape mendayung, tapi asik banget, karena kita bisa menggunakan kano-nya sampai ke tengah laut, sampai batas tertentu. Lumayan jauh dan butuh kekompakan juga lohh.
Di Jembatan Cinta selain melakukan permainan air, kita juga bisa menyebrang ke Pulau Tidung Kecil. Wooww.. Kita melewati jembatan yang panjangggg bangetttt.. Tapi jangan takut cape buat yang mau nyebrang ke Pulau Tidung Kecil, karena disana kita ngga cuma jalan aja kok, tapi banyak juga spot-spot foto yang keren n ciamik.. Hihi..
ini fotonya..
bagus juga yahh..

Tentu saja sampai Pulau Tidung Kecil juga pemandangannya ngga kalah menarik.. Tapi ada sayangnya teman-teman..
Kalau di Pulau Tidung Besar pantainya sangat bersih, kalau di Pulau tidung Kecil banyak sampahnya.. Hikssss.. Sayang banget yahh.. Mungkin karena di Pulau Tidung Kecil ngga ada penjaganya, jadi banyak pengunjung yang dengan seenaknya buang sampah sembarangan disana.

di Pulau Tidung Kecil

Walaupun lelah bin cape, kita semua tetap kembali ke penginapan pakai sepeda dengan semangat ’45.. sesampainya di penginapan untungnya makan malam dari pihak tour sudah datang. Hahaha.. Asyikkkk..
Ngga sabar deh buat nunggu makanan yang lezat buat disantap. Yeahhhh..

Sementara makanan disusun di meja di depan kamar, saya dan saudara-saudara memilih untuk mandi.. Soalnya kan abis basah-basahan..

Siap makannnnn…

Apahhhhh?! Weleh-welehh.. Makanannya ternyata ngga jauh beda dengan makanan yang tadi siang. Hahaha… Makanan kali ini isinya ayam masak kuning, sayur sop, tempe goreng, dan buah pisang.. Tapi ayam masak kuningnya tetep enak kok walaupun bumbunya sama dengan ikan masak kuning dengan tadi siang. Ha.. ha.. ha.. *ketawa miris